Senin, 13 Agustus 2012

Let's Make a Change

Terbesit sebuah kalimat yang mungkin bisa menggambarkan apa yang harus aku lakukan...
BUKAN "Jangan dengarkan apa kata mereka" TAPI "Dengarkanlah kata mereka"

Mungkin ini sedikit bertolak belakang dengan apa yang orang lain pikirkan, karena disini aku memang berbeda adanya. Entah mendengar kata "Jangan dengarkan apa kata mereka" udah membuat mindset aku berubah selama ini. Justu itu yang ingin aku ubah, aku pengin dengerin apa kata mereka!
Why? Ternyata selama ini aku baru sadar, setelah diceramahi beberapa orang kalo aku ini terlalu cuek dalam segala hal. Bayangin, segala hal! Dan itu harus aku ubah. Cuek-nya aku bisa kurasa berlebihan, dan aku gag suka sikap ini, aku pingin berubah, pingin menjadi orang yang lebih perhatian, dalam hal sekecil apa pun. 
Cuek sama omongon orang tu salah menurutku. Justru dengan kritikan, kita bisa bangkit di dalamnya. Ambil yang positif, cerna yang negatif lalu buanglah hal negatif dalam pikiranmu. Harusnya itu yang aku lakukan selama ini. 

Bukannya masuk telinga kanan keluar telinga kiri. Selama ini aku salah memandang segala hal. Selama ini yang aku lakukan hanya, "Kalo gag suka, yaudah terserah orang mau bilang apa. Ini lah aku, apa adanya aku, terima atau gag terima ya silahkan."
Sedih rasanya jadi aku yang seperti itu. Mungkin beberapa orang bilang, "Just Be Yourself". Sekarang, tak 100% bener menurutku. Mungkin jadi diri sendiri emang bisa nunjukin kita yang sebenernya, tapi kalo kita tetep pelihara sifat-sifat jelek kita, apa kita harus tetep jadi diri sendiri? Apa dengan begitu orang tahu kalo ini kita? Apa kalo dengan gitu orang suka sama kita? Salut sama kita dengan mempertahankan sifat itu?
Apa salahnya sih jadi lebih baik di mata orang lain? Aku ngerasa selama ini yang aku kerjakan gag ada yang mengena di mata orang. Karena apa? Karena selama ini aku cuek! Aku gag perhatian, sehingga gg ada juga yang peduli. Timbullah hal yang gag enak pula.
Akhirnya setelah aku telusuri lebih dalam lagi, sifat cuekku ini timbul dari mana sih? Rasa penasaran pun muncul, mencoba memahami sifat-sifatku, apa yang biasa aku lakukan sehari-hari. Dan aku menemui suatu sebab, yaitu GENGSI..! Nah ketemu deh penyakit dari mbahnya penyakit.
Gengsi ternyata satu kata yang paling memuakkan. Dengan gengsi maka merubah segalanya. Awalnya malu lalu berubah jadi gengsi. Kenapa aku bisa bilang gitu? Jujur aja sih selama ini aku pemalu, rasa malu itu lalu merubahku menjadi orang yang gengsian. Kenapa sih aku harus gitu? 
Beberapa hal yang aku benci dalam diriku saat ini :
1. Malu untuk melakukan sesuatu
2. Susah untuk berkata "TIDAK" (menolak)
3. Malu untuk berbicara apa adanya
4. Rasa malas yang menggerogoti
5. Selalu berkata "Bentar"
6. Selalu menunda sesuatu
7. Gag enakan sama orang
8. Kurang punya keberanian untuk melakukan hal baru
9. Kurang perhatian pada sesuatu
dan masih banyak lagi.....
Dan itu semua tertuju pada rasa MALU, MALAS, GENGSI, DAN CUEK!!

Setelah diberi pencerahan, ok! Paksa aku untuk berubah! Paksa aku untuk menjadi orang yang berani! Paksa aku untuk bilang TIDAK! Paksa aku menjadi orang yang lebih peduli! Paksa aku untuk lebih jujur! Paksa aku menjadi orang yang rajin! Paksa aku melakukan hal yang berbeda! Paksa aku UNTUK MELAKUKAN PERUBAHAN!!

2 komentar:

  1. oke aku paksa kamu ya, jangan ngeyel!

    hm... nek aku malah sebaliknya e pong, aku pengen cuek, aku pengen:
    "Kalo gag suka, yaudah terserah orang mau bilang apa. Ini lah aku, apa adanya aku, terima atau gag terima ya silahkan."

    lha mbangane dibuat2, mending aku keluari apa adanya aku... itu lebih jujur menurutku, tapi ya get better is sama sekali not wrong, n kita emg musti get better, yoh... introspeksi terus lah, kan kita terus belajar yo ra?

    hayo,,, nek dipekso ojo ngeyel lho... kan km sndiri yg minta d paksa ;3

    BalasHapus
  2. Thx for comment.ny .. Hhe..

    Q sengeyel itu kah? Hhe.. Maap.Yauda, boleh deh jdi msukan..
    Y, pandangan n sifat org kan beda" tut, ad yg blg ini bner, ad yg blg slah. Yah ini pendpat aku aj, ap adanya aku. Soalny qu ngerasa sih klo slama ni qu terlalu cuek, krg peduli ma skitar.. Hhe

    BalasHapus