Selasa, 07 Agustus 2012

Shelter

Tugas kedua semester 2 ini yaitu Shelter. Bisa bayangin sendiri kan shelter tu kya gmna? Shelter yang dimaksud kali ini adalah sebagai rumah sementara bagi para korban bencana alam. Jadi kita pastinya harus buat shelter yang aman, nyaman, dan menarik. Bayangin deh, kalo korban bencana alam yang baru aja terkena musibah....pasti mereka ngerasa kehilangan banget, trauma pasti ada, dan pastinya butuh perlindungan.

Maka dari itu, itu sebagai mahasiswa arsitektur yang baik, harus mencoba sesuatu yang baru. Biasanya kan shelter hanya dibangun dalam keadaan darurat, bisa dikatakan fungsi utama sebagai rumah sementara menjadi kurang dirasakan, karena hanya benar-benar membuat rumah seadanya.

Pas banget, aku dapet dosen yang bisa dikatakan bener-bener istimewa, kenapa? Cukup memeras otak, memberi kita tekanan, dan mengolah ide-ide kita. Bener-bener istimewa daaahhh.... Namanya juga Mama,,, hehe.. 
Jadi gini nih, awalnya aku (jujur) masih belum bisa nangkap apa yang beliau inginkan, masih muter-muter gitu lah ceritanya. Beliau menginginkan shelter ini bukan shelter biasa, namun di dalam shelter tersebut dapatlah memasukkan fungsi tambahan. Apa maksudnya??
Lalu, seperti biasa, beliau selalu memulai dari mencari konsep. Dengan konsep yang jelas, maka nanti hasilnya akan jelas pula. Tanpa disadari, akhirnya beberapa dari kita sepakat untuk mengambil contoh mainan anak-anak. Lucu kannn??? Bener-bener di luar dugaan. 



***Buat tambahan aja, beliau minta, "Shelternya harus beda dari kelompok lain. Jadi saya tambahkan, denah gag boleh kotak, pastinya gag boleh simetris (yang sangat dibenci beliau), dan gag boleh berdinding tegak!" Oh.... My..... God...! Masya Allah! Aigoo...!! Tapi, aku anggep ini sebuah tantangan, jadi... cemungugh eapzz...

Apa maksud dari tema tersebut. Jadi gini, korban yang abis terkena musibah pastilah strees, trauma, dan sebagainya. Oleh karena kita mencoba menambahkan suatu fungsi dalam shelter tersebut yang dapat memulihkan mood, menghilangkan strees, ataupun membuat kita bahagia. Awalnya kita suruh nyebutin seluruh permainan anak-anak, dari situ ntar kita milih. Ada yang pilih mainan Lego, trus main lampu dalam selimut, ada pula yang suka nonton drama sehingga dia buat semacam panggung drama gitu, tapi juga ada yang ambil konsep beda kayak kapal atau mobil. 

Nah aku, gag tau kenapa tertarik banget sama yang namanya main petak umpet. Kangen mainan jaman dulu sih. Menurutku sih, main petak umpet tu semacam main sambil belajar (berusaha mencari sesuatu, atao kalo gag atur strategi). Selain itu kita juga berolahraga (lari-larian) dan pastinya mempererat pertemanan. Sasaran utamanya adalah anak-anak, karena menurutku yang paling tertekan dan trauma kebanyakan adalah anak-anak.

Tema : Permainan Anak-anak
Judul : Hide and Seek Shelter
Bahan : Triplek tipis

Selalu, always, pasti ada kalanya kita kehabisan ide, begitu banyak yang telah kita lalukan untuk menciptakan suatu ide, namun hasilnya kurang memuaskan. Dan saat itu selalu terjadi padaku. Awal" coba googling : Apa itu petak umpet? Manfaat main petak umpet? Syarat-syarat main petak umpet? Dari situlah muncul ide, buat suatu shelter yang banyak tempat untuk bersembunyi. Nah, setelah itu, coba-coba bikin bentuk maket yang simple namun sebenernya rumit. Maksudnya rumit di sini tujuannya buat petak umpet. Tapi gag ketemu juga tuh bentuk yang pas. H-4 deadline!!! Menggilaaa!!!!

Nyerah deh, udah pusing banget, lalu mengeluarkan senjata, yaitu Remote TV!! Beberapa ganti" channel, eh ada spongebob, beberapa menit kemudian, yahh...selesai. Trus ganti" lagi, tiba-tiba nemu Discovery Channel, kayaknya bagus nih. Lagi bahas tentang lebah-lebah gitu. Akhirnya, tiba-tiba muncullah sebuah ilham, begitu ngeliat rumah lebah (tawon), dapetlah inspirasi dari sono. Yaitu bentuk Segi Enam!! ^__^ Langsung deh ngluarin gunting, kertas, plus lem. Saia bukan tipe yang suka sketsa si, jujur..... Sketsaku juga belum bisa bagus... hhohoho...
 Setelah diutak-atik, jadilah bentuk seperti ini.....


  Dengan beberapa tambahan elemen, kalo dilihat-lihat mirip ikan koi,,, Lucu,,

Kalo ini dari sudut interiornya. Ada jendela yang sebagai tempat ngumpet, nah...garis-garis itu bisa untuk manjat ke atas. Trus lubang dibawah itu, sebenarnya nantinya bakal dibikin meja multifungsi. Maksudnya kalo dipake bisa dikeatasin, kalo gag bisa ditekan ke bawah, sehingga space'nya jadi luas, bisa juga sebagai tempat sembunyi.

Oh iya, yang istimewanya lagi dari nih maket yaitu adalah bahannya. Triplek!! Disaat temen-temen yang lain merelakan tabungannya untuk membeli Kayu Balsa (10x50)cm dengan harga 22.000, bagi saya sangat mahal. Maka dari itu, saya membeli triplek (200x100)cm dengan harga 40.000, Gimana perbedaannya? Sangat dirasa cukup jauh. Namun saat mengerjakannya butuh tangan dan otot yang kuat untung memotongnya. Bener" deh, berasa tangan mau copot, fiuuhh..... Masih inget tuh, aku ngerjain nih maket 2 hari. Hari pemotongan , dari jam 19.00-5.00, saking semangatnya! Kalo udah suka, semangat deh pokoknya.....

Dan, berakhir, sangadh...sangadh...puas dengan maket ini. Ide yang baru muncul H-4 deadline. Bentuk yang tak disangka-sangka! Pemotongan yang sangat membutuhkan semangat dan otot yang kekar. Pokoknya puas banget bikin nih maket. >>.<<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar