Kamis, 02 Agustus 2012

Asal Muasal sebuah Nama


Mungkin ini bukan pertama kalinya aku bikin blog, tapi semoga ini akan menjadi blog yang pertama kali aku seriusin. :)

Awal kisah, oke, kenalin nama aku Adientia Febrina, anak Jogja asli tapi gag begitu bisa basa Jawa. Dari kecil aku tinggal di Jogja, walau dulu sempet pindah ke Solo sekitar 5 tahun. Aku punya berbagai macam panggilan, waktu SMA aku pernah dipanggil dippy, lalu berubah menjadi dippong karna dulu sempet jaman yang semua kata diakhiri dengan kata ong, seiring perkembangan jaman maka berubahlah namaku menjadi Pong di masa SMA. Why? aku sendiri juga gag tau. Biasalah teman-temanku emg alay orangnya, maka akupun terlibat oleh sekumpulan orang-orang alay. Semenjak itulah temen-temen deket SMA-ku sering panggil aku Pong, kadang ada yang mungkin belum puas dengan panggilanku, sehingga dy meng-alay-kan-nya menjadi Pongky.

Tak cukup hanya sampai situ saja nama-nama panggilanku....
Ternyata, seiring perbedaan tempat dan seiring perbedaan waktu, mulai menjajaki dunia kuliah, temen-temen kampusku malah punya panggilan yang cukup aneh bahkan sangat aneh sampai tidak masuk akal di telinga. Yap, mereka memanggilku dengan sebutan Ateng. Kalian pasti bertanya-tanya, darimana panggilan itu berasal, perasaan gag ada nyambungnya ama nama asliku.....
Well, panggilan tersebut tercipta oleh salah seorang teman yang emang sangat jail saat itu. Kita sedang asik"nya chat di fb, sebagai mahasiswa baru boleh lah saling berkenalan untuk mengetahui satu sama lain (apa seeehhh), nah, pas banget tuh ya, dia tanya tempat tinggal aku. Aku langsung jawab aja Jokteng. Lalu entah kenapa dy tertawa. Tiba-tiba dy cari sebutan yang aneh buat aku... Ajok lucu tuh,, apa Ateng aj ya.. haha... Ya! Ateng aj, kan Anak jokTeng... Semenjak saat itu, nama Ateng langsung menyebar di kalangan temen-temen kampus.


Sebenernya rada gimana gitu, sama panggilan Ateng, bayangin aj deh, orang baik hati rajin menabung tidak sombong dan rajin tertawa ini masa dipanggil Ateng?? ckckck.... Tapi udah gimana lagi, sib...nasib... nama itu udah melekat dihati dan pikiran teman-teman seperjuangan. Bondan berkata....Ya Sudahlah..... (bukan Bondan yang Mak Nyusss lho!!!!)

Tapi, cukup sebagai pengetahuan umum aj ya, siapa tahu pas pelajaran sejarah guru kalian tanya, Siapa sih sebenarnya panggilan aku? Okey, tanpa basa-basi, sebagai orang yang murah hati, aku bakal bocorin nama panggilan aku sebenernya...... Jeng....Jeng...Jeng...Jeng..... nama panggilan aku tuh ya... DIEN. Not Dian, Not Diem, or Not Dieng... but DIEN, U know? karna, setiap orang yang tanya nama panggilan aku, pasti selalu salah nyebutin nama aku, sampe sedih aku dibuatnya. Berkali-kali bilang Dien, tapi tetep aj mereka nyebutin nama aneh-aneh, alhasil aku pasrah deh mereka mau sebut apa... Emang nasib, kalo punya nama dengan panggilan yang unik gini. Bahkan dulu, sempet nih guru SD aku, ngabsen nama aku, Adentya? (wali kelas) Adintha? (guru matematika) Addintchya? (guru bhs. Inggris) Apa coba? Nama aku Adientia... Aaaa-Diiii-Ennn-Tiii-AAAA,,,, hikzz...hikzz...hikzz... kenapa? kenapa?

Akhirnya pas SD pun, mungkin dulu aku saling kalemnya ya, begitu kenalan mereka gag terlalu denger suara polos merdu pelan lan lindhik aku, sehingga aku dipanggil Aden. (dalam hati, Emang Teluk Aden??) Kembali lagi bersama Bondan, Ya Sudahlah....

**Sekedar intermezo aj nih ya, alayku kambuh, liat deh tulisan paling atas rada kalem gimana gitu, tapi mulai ke bawah, mulai alay gag jelas, maaf sebelumnya -_____-"

Oh iya, ada yang perlu aku critain tentang sejarah nama aku. (Lagi-lagi masih tentang nama, panjang amet sih, baru NAMA!!!) ckckck.... Okey, waktu kecil aku sempet bertanya sama ibuku, "Bu, dulu waktu ibu lahirin aku, kok bisa sih namain aku Adientia Febrina? Namanya agak unik, sampe-sampe temen aku gag ada yang bener ngucapinnya". Akhirnya dengan sabar dan penuh kasih sayang seorang ibu (yaeyalah masa nenek), maka ibuku menjawab kegundahan hati sang anak yang sangat curious teng asal muasal sebuah nama tersebut.

Ibuku menjawab, "Adientia sebenernya kepanjangan dari Anak buDI (nama bapak) dan ENi (nama ibu) + tia (biar kelihatan bgus), trus Febrina, diambil dari bulan kelahiran yaitu Februari" Waaaa.... ternyata dari situ nama aku bermula.... (ala kepolosan anak kecil).Temen-temen yang aku critain tentang asal muasal namaku hanya bisa tertawa mendengar cerita tersebut. Aku pun heran, sebenernya apa yang mereka tertawakan? Bahkan mereka sempet salut ama bapak and ibuku, mereka bilang, OrangTuaku Kreatif banget ciptain tu nama!!!

*satu hal yang aku sadari, ternyata tersimpan begitu makna dibalik sebuah nama, tak dapat kita sangkal, kita harus bersyukur dan berterima kasih pada orang tua kita yang telah memberikan sebuah nama untuk kita. Entah mungkin nama itu Suparman, Sutejo, Paimin, Painem, atau Paidjo pun, Tersimpan doa orang tua dibalik nama kita. Sehingga kita tidak boleh mengadu, mengeluh, atau bahkan menyesali nama, karna tak ada orang tua yang mendoakan anaknya jelek, orang tua selalu mendoakan yang terbaik bagi anaknya.




5 komentar:

  1. atceeeeeng, bagaimana cara saya memfollow anda -_-

    BalasHapus
  2. eh, aku uda follow kamu blm sih?

    tinggal difollow aj nen, klo bsa indo'nya "tambahkan langganan" haha

    BalasHapus
  3. wahahahahaha gila lu pong emang, yang paling alay kan kamu. btw thanks for following my super abstract blog. tak folbek pong. Keep posting yo!! Mari ktia hidupkan blog cantik kita

    Kusjes van Yuvi :D

    BalasHapus
  4. ahaha,kan q hanya "ketularan alay" dari kalian =P..
    okeh, ma'acih yup..
    wkwk, bru pemula nih, mhon bantuanny yapp! >,<

    BalasHapus