Senin, 13 Agustus 2012

Tips Cegukan yang menyesatkan


Pagi itu yang lebih tepatnya hari Minggu, tiba-tiba dikejutkan bunyi sms yang sengaja aku pasang ringtone-nya Cold Play – Viva la Vida dengan volume menggelegar. Why? Coz temen-temen suka protes, bilang kalo aku balas sms tuh lama, malah kadang-kadang gag dibales. Yah padahal bukan gtu, abis sering ke-silent, atau kalo gag bunyi sms-nya yang cuma “bip” ato “ting-tong” jiah mana kedengaran, ato kalo gag gara” para adik-adikku yang super duper nyebelin suka mainin hp dengan berbagai macam aplikasi plus game-game aneh, maklum android :D, secara diem-diem (yaeyalah kalo mereka ketauan mainin hp-ku, bakal kena semprot mereka) trus kalo ada sms, bukannya ngasih tau aku, ehh.. malah langsung ditutup, lanjutin main game lagi. Super deh nyebelinnya…

Back to topic, ternyata tu sms dari Fanyi, salah satu temen deket kuliah, eh dia ngajakin sunmor (Sunday Morning). Sumpah deh disana, bener-bener cucog wat anak kosan, dari barang luar sampe dalam pun ada (bisa ditelaah sendiri), apalagi makanannya, widihh….menggoda kantong deh, dari makanan murah sampe yang bener-bener murah. Kanan kiri depan belakang semuanya enak, jangan lama-lama deh kalo kesana, yang ada dompet langsung kering bagaikan tak disiram setahun, emang taneman??



Oh iya, tadi si Fanyi sms, ngajakinnya ke sunmor jalan kaki aja yah biar sehat. Sebenernya modus utamanya adalah program kita yaitu menurunkan berat badan. Aku mikir aja, jalan dari kosannya Ntis (tempat mangkal kite) kira-kira berapa kilo yak? (lebay) Lumayan jauh sih, tapi Fanyi kalo ngebujuk begituan pinter banget, mana bilangnya demi nurunin berat badanlah, sehatlah, biar keringetanlah, yaudah deh akhirnya luluh juga. Langsung deh setelah disms, capcus ke kosan Ntis.
Akhirnya, kesampaianlah program jalan kaki kita, ternyata yah lumayan jauh, tapi mumpung pagi belum terlalu panas, jadi okelah. Ntis yang males diajakin jalan kaki, akhirnya milih nunggangin motor vario kesayangannya.

Sampai juga di sunmor, yang tadinya cuma berencana beli cilog (salah satu makanan kesukaannya Fanyi), eh mata jelalatan trus beli apalah, makan apalah,minum apalah, sampe beli Mie Cool (aneh-aneh juga, bisa bayangin gag? Mie pake es? Aku sendiri awalnya gag bisa bayangin. Eh ternyata tu cuma semacam agar-agar yang dikasih semacam nata de coco dkk, trus dikasih es, plus sirup) Cukup bisa mengurangi rasa haus. Gara-gara liat kantong udah kering, muka udah pada merah-merah kejemur teriknya matahari, yang lain sih merah-merah kalo aku mah item gosong, trus udah keringetan berasa atlet lari yang udah ngelilingin alun-alun 20x, akhirnya kita memutuskan untuk pulang.


Tiba-tiba. Gatao kenapa, abis makan es mie tiba-tiba aku cegukan. Sumpah deh, kalo cegukan tuh paling malesin, apalagi kalo gag ada air. Udah tau kalo cegukan bunyinya aneh-aneh “ngik….ngik…ngik” kayak orang bengik, eh… malah diketawain. Nah untung aj tuh, ada sisa air (bukan air comberan) tapi bener-bener air yang tadi dibeli. Sembuhlah cegukanku. Lalu kita meneruskan untuk pulang menelusuri jalanan UGM yang ramai saat itu. Mana ada bis yang dari tadi mondar-mandir, iih.. gatau apa?? udah gedhe, nyumpek-nyumpekin, parahnya lagi bau pula, tau sendirilah kentutnya bis kayak gimana, asepnya super deh nyesekin paru-paru.
Perasaan tadi jalan kayaknya deket banget, kenapa pulangnya jauh banget yak. Fanyi yang tadinya ngetawain aku gara-gara cegukan, eh sekarang gantian dia yang cegukan. Emang sih, cegukan tu kayaknya hal yang biasa, tapi kalo lama-lama capek juga, mana tadi airnya udah aku abisin. Sabar ya Fan. Ahaaa…tiba-tiba aku teringat tips dari my Mom, kalo cegukan, coba tahan napas. Trus aku bilang aj ke Fanyi. Coba deh kamu tarik nafas panjang terus tahan, keluarin perlahan-lahan. Berasa ibu hamil deh kalo inget cara begituan. Oke deh, mari kita mulai pemanasannya. (emang senam?) sebagai instructor yang baik hati gag sombong and rajin menabung tentulah aku akan memperagakannya. Yuk mulai! Tarik nafas panjang….tahan….yak sekitar 3 detik… lalu hembuskan perlahan (tapi jangan lewat belakang ya).

Wah, pas banget tuh udaranya seger banget, jadi lumayanlah menghirup oksigen yang benar-benar segar. Setelah itu untuk yang kedua kalinya, mungkin Fanyi udah gag perlu diaba-abain lagi ya, dia udah melakukannya sendiri. Tapi aku juga ikut-ikutan sih, untuk memperlancar pernafasan. Tarikan nafas yang yang ketiga, mari tarik panjang…… (Fanyi nyedot udaranya bener-bener gag kira-kira, sampe aku lihat tu hidung mengempis), aku tiba-tiba sadar kalo ada bau yang super duper jijong bajong gag enak kelewat batas melintas sambil menyapa ke hidungku, mau tau bau apa?? Kotoran Sapi!! Bisa bayangin sendiri kan baunya kayak gimana. Aku yang tadinya baru hirup dikit, langsung deh aku tutup kenceng-kenceng hidung aku.  
Sementara itu aku liat Fanyi yang hirup udara gag kira-kira, gatao indra penciuman sama syaraf ke otak lagi gag konek apa gimana, sehingga refleknya sedikit lama. Aku lihat mukanya yang tiba-tiba kecut pucat pasi, dengan kernyitan mata yang sepet, langsung menatap tajam ke arahku. Gag tahan lihat mukanya yang lucu bin ajaib, langsung deh ngakak abis-abisan udah gag bisa ditahan lagi, huahahahaha…. (jahat banget yah aku) dan dengan polosnya dia bilang “Kok bau ya? Sumpah bau banget!!!” dari tadi kek sadarnya, perasaan baunya udah nusuk-nusuk gitu, sadarnya baru sekarang. Langsung deh dia marahin aku, kalo kasi tips tu ya liat-liat situasi dan kondisi. Mana saya tau kalo bakal tercium bau begituan. Alhasil cegukannya langsung ilang, mungkin karena bau yang super duper jijong bajong yang membuat saraf cegukannya sadar. Kalo ada kamera ato pas pegang hp aja, udah aku foto aja tuh mukanya si Fanyi, hahahaha….

Ps: lain kali kalo cegukan jangan di sembarang tempat, alhasil tips dari teman kadang-kadang tak selamanya benar.

1 komentar:

  1. ahahaha sesat-sesat. aku kalau cegukan pasti minum air dan sembuh tapi harus minum segalon dulu baru sembuh :O
    sumpah ini ngakak gw baru tau tips cegukan itu jaman SD dari kartun chibi maruko dan sampe sekarang tips2nya masih tak pake :P *edan

    BalasHapus